Pengobatan Diabetes Tipe I

Pengobatan Diabetes Tipe I Serangkaian program suntikan insulin, diet dan olahraga dianjurkan untuk penanganan diabetes tes Tipe I. Insulin hanya bisa diberikan dalam bentuk suntikan. Ini karena insulin adalah suatu protein jika diberikan dalam bentuk oral akan hancur pada saat dicerna sehingga rusak.

Apa Saja Jenis Insulin?

Ada beberapa jenis insulin. Semua jenis ini berbeda dalam tiga karakteristik utamanya: (a) Waktu yang dibutuhkan untuk mulai berpengaruh pada sel-sel tubuh setelah penyuntikan, (b) Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak aktivitas, dan (c) Lamanya insulin beraksi. Berdasarkan kriteria dia atas, suntikan insulin bisa dikelompokkan menjadi short-acting, intermediate-acting, dan long-acting.

Puncak aksi dari insulin short-acting dicapai dalam waktu 1-3 jam dan insulin akan bekerja selama 4-8 jam.Insulin Intermediate-acting mencapai puncak aksi dalam waktu 4-6 jam dan kerjanya berlangsung selama 8-12 ja. Insulin Long-acting manusia mencapai puncak dalam waktu 4-8 jam dan kerjanya berlangsung selama 8-14 jam.

Insulin short-acting juga dikenal sebagai insulin solube (mudah larut) atau reguler tampilannya transparan.

Insulin Intermediate-acting mengandung NPH (Neutral Protamine Hagedorn) dan Lente Insulin. NPH adalah insulin yang telah dimodifikasi dan mengandung jumlah kecil protamina, salah satu kelompok protein sederhana. Kerjanya dimulai lebih cepat dan efeknya berlangsung dalam durasi menengah. Lente insulin, yang dibuat dari ultralente dan semilente insulin, memiliki karakteristik yang sama dengan insulin NPH.

Insulin long-acting mencakup protamine zinc insulin dan ultralente. Keduanya memiliki jangka waktu aksi yang diperpanjang. Insulin-Insulin ini tidak lazim digunakan untuk Pengobatan Diabetes Tipe I.

 

Belakangan ini, pre-mixed insulin sudah tersedia dan lebih disukai. Insulin ini mengandung Insulin short-acting dan internediate-acting. Insulin pre-mixed mencegah resiko yang mungkin terjadi akibat mencampur secara manual dosis yang kurang tepat dari beberapa jenis insulin. Namun insulin tersebut hanya dianjurkan jika Kadar Gula Darah terkontrol dengan baik.

Sebelumnya, insulin diambil dari pankreas beberapa hewan. Akan tetapi, dewasa ini insulin bio-sintesis juga tersedia dan mirip dengan insulin manusia. Kendati mahal harganya, insulin manusia tetap lebih disukai karena sangat mengurangi resiko komplikasi seperte resistensi insulin.

Insulin manusia disiapkan dengan menyalin dan meletakan gen (unit dasar materi genetis) manusia, yang mengkode protein insulin, ke dalam suatu bakteri. Beberapa teknik diterapkan atas gen ini agar bakteri mau menggunakannya sehingga insulin diproduksi oleh bakteri itu setiap hari. Insulin dari bakteri tersebut lalu diubah menjadi insulin manusia melalui bebrapa teknik yang canggih. Insulin manusia juga dapat disiapkan dengan menggunakan sel-sel khamir ketimbang bakteri.

Kapan Insulin Dianjurkan untuk mengontrol diabetes?

Insulin dianjurkan bagi lima kondisi utama:

  • Diabetes pada anak-anak
  • Diabetes pada orang yang kekurangan berat badan dan kekuranga gizi
  • Kecendrungan untuk menderita ketoasidosis pada pengidap diabetes
  • Dalam keadaan darurat, seperti pembedahan,kehamilan,demam tinggi. Atau koma diabetik.
  • Jika metode pengendalian kadar gula darah, seperti obat-obatan, diet, dan olahraga tidak efektif.

Memantau kesehatan anda bila memiliki diabetes sangat penting untuk mencegah beberapa komplikasi yang terkait dengan diabetes.Hal ini dilakukan dengan mengetahui Kadar Gula Darah anda,tekanan darah dan kadar lemak darh serta kondisi kaki anda dan memriksakan mata anda untuk retinopati.Dengan disiplin menerapkan gaya hidup sehat dan memantau keksehatan dengan baik,anda bisa hidup bahagia walau dengan diabetes.

 


=====================================

>>> Obat Kencing Manis Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Kencing Manis, Membantu Menurunkan Kencing Manis Tinggi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in kencing manis and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *