Terapi Insulin Untuk Diabetes

Penderita DM 1 mutlak membutuhkan terapi insulin pengganti. Tatalaksana DM tipe 1 melalui 3 fase. Pertama, fase DKA dengan memberikan cairan, mengembalikan keseimbangan asam basa, elektrolit dan pemberian insulin. Fase dua disebut tahap transisi/ subakut. Bertujuan mengobati faktor-faktor pencetus, seperti infeksi. Juga stabilisasi insulin, meyusun pola diet, olahraga dan edukasi pada orangtua. Fase terakhir, yakni tahap pemeliharaan, bertujuan mempertahankan status metabolik dalam batas normal. 

Sebenarnya orang yang tidak menyandang Diabetes Mellitus-pun perlu mengatur pola makan, dan olahraga. Adapun bagi penderita DM, perlu disuntik insulin yang bisa menimbulkan rasa sakit dan takut pada anak. Padahal, suntikan harus dilakukan terus menerus. Orangtua perlu membujuk dan memberikan arahan bahwa itu semua demi kebaikan dan kesembuhan. Dan bila anak mulai besar, perlu diajari untuk dapat menyuntik sendiri.

Tuntunan untuk orangtua dan anak saat melakukan cek gula darah dan disuntik insulin :

  • Ambil napas dalam-dalam dan keluar perlahan-lahan
  • Berikan joke/ lelucon untuk anak, atau nyanyikan lagu favoritenya selama disuntik
  • Biarkan anak bermain dokter-dokteran dan berpura-pura memberikan suntikan pada orangtua terlebih dahulu
  • Minta anak menceritakan apa yang paling menyenangkan dari itu.
  • Beri ciuman pada tempat suntikan, lakukan suntikan secepat mungkin dan beri ciuman sekali lagi setelah selesai disuntik
  • Beri anak pujian karena berani.

=====================================

>>> Obat Kencing Manis Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Kencing Manis, Membantu Menurunkan Kencing Manis Tinggi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in kencing manis and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *